
Berdasarkan statistik, nampaknya banyak usaha kecil akan memasuki wilayah unchartered tahun ini. Sebuah studi baru-baru ini yang dirilis oleh Aberdeen Group (yang diterbitkan oleh eMarketer), menyatakan bahwa 63% perusahaan berencana untuk meningkatkan anggaran pemasaran media sosial mereka di tahun 2009. Dan lebih dari 600.000 usaha kecil akan mengintegrasikan layanan jaringan sosial di tahun depan, sesuai dengan yang terbaru. Studi oleh Access Markets International (AMI) Partners yang berbasis di New York, Inc.
Seperti banyak diketahui, media sosial dapat membantu perusahaan mengelola reputasi mereka, mendapatkan umpan balik merek atau produk, memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dan mengumpulkan intelijen bisnis.
Mari kita sebut media sosial "buzz builder". Tapi, usaha kecil tidak harus terlibat dalam setiap alat media sosial baru. Dengan memilih beberapa, bisnis dapat berinteraksi dan melibatkan pelanggan potensial tentang produk atau layanan mereka pada tahap awal sampai pertengahan siklus pembelian mereka. Ini adalah kesempatan untuk memberikan informasi yang dicari pembeli yang pada akhirnya akan digunakan dalam keputusan pembelian mereka.
Sebelum memulai kampanye media sosial, ketahuilah bahwa itu adalah komitmen waktu, uang dan usaha. Butuh waktu bagi perusahaan untuk membangun merek online mereka dan untuk menarik dan melibatkan audiens. Beri diri Anda anggaran media untuk memasukkan jejaring sosial. Secara tradisional, pemilik bisnis telah melihat kategori yang ditetapkan untuk mengalokasikan dolar pemasaran. Dengan orang Amerika menghabiskan lebih banyak waktu online maka di depan tv, media sosial layak mendapatkan kategori sendiri dalam anggaran. Sebelum terjun ke kampanye, bisnis perlu memilih aktivitas media sosial yang tepat yang sesuai dengan tujuan mereka. Bisnis perlu bertanya berapa lama waktu yang dapat diinvestasikan, saluran apa yang harus digunakan, siapa yang akan melakukan kampanye dan apa tujuannya.
Perlu diingat, kampanye tidak boleh lepas dari cara bisnis dijalankan dan mengambil dari tujuan nyata yang dihadapi. Media sosial hanyalah alat untuk meningkatkan bisnis, bukan satu-satunya alat.
Sekarang saatnya untuk melakukan penelitian Anda. Identifikasi tempat audiens Anda online. Lihat apa yang sedang dilakukan pesaing Anda. Media sosial mendengarkan sangat penting. Jangan mencoba alat media terbaru secara online jika audiens Anda tidak ada di sana. Lihat alat apa yang digunakan pesaing Anda dan ukur keefektifan alat tersebut. Apakah pesaing Twitter Anda, apakah mereka aktif di LinkedIn atau mereka punya blog? Melihat apa yang dilakukan pesaing Anda memberi Anda landasan peluncuran yang baik untuk mempelajari apa yang berhasil dan mana yang tidak.
Jika Anda membuat halaman Twitter dan tidak terus meningkatkan jumlah pengikut aktif yang terlibat dalam waktu satu bulan, itu adalah indikasi bagus bahwa ini mungkin bukan target Anda yang benar. Jika Anda memiliki waktu dan sumber daya untuk membangun blog dengan konten yang bagus secara konsisten dan ini terbukti bahwa audiens Anda menyukai platform ini, Anda harus berinvestasi di blog.
Dan jangan takut untuk menjelajah ke internet "liar" sekaligus mengatur bisnis Anda terpisah. Pertimbangkan konten multimedia menggunakan video. Periklanan video online muncul dan terbukti menjadi alat yang sangat efektif untuk pemasaran online. Mengeposkan video di beberapa tempat juga akan meningkatkan SEO dan membantu pelanggan menemukan perusahaan Anda.
Setelah Anda mendefinisikan secara jelas tujuan media sosial Anda dan mengidentifikasi alat komunikasi yang tepat, konsistenkan pesan Anda di semua saluran media sosial.
Berkontribusi secara teratur terhadap konten. Hanya karena Anda berada di luar sana, jika Anda tidak terlibat, Anda telah menyia-nyiakan waktumu. Jangan takut untuk melakukan outsourcing untuk mendapatkan bantuan dalam inisiatif media sosial dari perencanaan strategis hingga produksi konten.
Dan ingat, media sosial telah meratakan lapangan bermain untuk semua bisnis. Anda memiliki kontak langsung dengan pelanggan. Pergi mendapatkan pelanggan baru!
